TIPS bisnis hari ini

Sabtu, 06 November 2010

Pengukuran Laju Paparan Radiasi di Sekitar Ruangan Pesawat Sinar X

Sebelum melakukan kegiatan penyinaran, setiap pekerja radiasi (misal radiographer) harus mengenakan personil monitor, seperti film badge dan/ atau Pocket Dosimeter.

Cara pengukuran laju paparan radiasi ruangan :

1. Catat data pesawat sinar X meliputi : Merk pesawat, Type Tabung dan No.Seri Tabung (Tabung Bagian Dalam / Insert Tube, bukan Wadah Tabung / Tube Housing), Filter bawaan dan Filter tambahan.

2. Catat data ruangan tempat pesawat sinar X meliputi ukuran ruangan, dinding, ruang operator, pintu, tanda radiasi.

3. Siapkan surveymeter untuk mengukur laju paparan radiasi.

4. Sebelum melakukan penyinaran gunakan Apron.

5. Lakukan penyinaran untuk kondisi penyinaran tertentu, misalnya Thorax atau BNO dan catat tegangan (kV), arus (mA) dan waktu (s) paparan.

6. Posisikan switch pada surveymeter diawali dengan skala yang lebih besar untuk pengukuran laju dosis radiasi, bila tidak terbaca ulangi dengan sekala lebih kecil hingga skala penunjuk terbaca saat pengukuran dilakukan. (Posisi switch yang benar adalah pada kedudukan switch dengan satuan mGray/jam atau mRad/jam, Ingat : Dosis persatuan waktu !).

Dengan kondisi ruang penyinaran tertutup, lakukan pengukuran laju paparan radiasi di beberapa tempat atau titik tertentu, misalnya tempat operator, balik pintu, ruang tunggu, kamar gelap dan ruang sekitar (sesuai dengan lembar data pengukuran)

1 komentar:

  1. berkunjung ke blog kami,
    dan tukar link

    BalasHapus

makasih atas komentar yang diberikan...semoga bisa bermanfaat. AMIN